3 Phase ke 1 Phase

Berawal dari pertanyaan dan ide gila di sela-sela pekerjaan. Kebetulan pas lagi melihat bagian teknik di pabrik yang lagi masang motor exhaust untuk mesin di bagian saya. Berawal dari perbincangan kecil seputar motor 3 phase mengenai bagaimana dan bagaimana penyambungan motor 3 phase itu? Saya sendiri sebenarnya juga sedikit paham tentang motor listrik 3 phase, karena saya dulu pernah sekolah di SMK jurusan listrik. Tapi yang membuat saya tertarik adalah karena pertanyaan bagaimana cara merubah motor 3 phase menjadi 1 phase? Yang selama ini saya juga belum tahu kalau motor 3 phase bisa di konek menggunakan 1 phase listrik dirumah kita. Menarik bukan? Simak selengkapnya.

Mungkin anda juga pernah mendengar istilah motor 3 phase. Motor yang menggunakan tegangan 3 fasa 380V RST. Banyak digunakan di pabrik-pabrik karena ketahanan dan daya torsinya yang besar. Jika anda kebetulan mempunyai motor 3 phase di rumah, bagaimana caranya supaya bisa dioperasikan menggunakan tegangan PLN 220V (1 phase)? Dari banyak komentar di forum-forum elektronik dan listrik, banyak yang mengatakan bisa di rubah ke single phase. Dan banyak juga yang mengatakan motor 3 phase tidak bisa di ubah ke 1 phase karena gulungan dan sudutnya beda. Mana yang benar? Ya jawaban tergantung anda. Semua tidak bisa di omongkan kalau belum di coba. Kalau saya pribadi mengatakan bisa.

Karena memang saya tidak mempunyai motor 3 phase untuk di coba. Jadi saya sebatas hanya mencari sumber informasi dari youtube yang membahas masalah ini yang disertai tutorial dan skema penyambungannya. Harapan saya posting ini hanyalah sekedar informasi alternatif cara dengan segala resikonya. Jadi jika anda ingin mencoba cara ini pastikan penyambungan anda benar dan jika terjadi kerusakan pada perangkat anda itu adalah resiko anda. Jadi pahami dulu dengan benar sebelum anda mencoba cara ini.

Berikut hasil jalan-jalan saya mencari jawaban tentang hal ini. Saya rangkum secara singkat untuk anda.

Berikut adalah gambar koneksi star delta motor 3 phase
Pahami dengan teliti gambar diatas karena berhasil tidaknya tergantung dari benar tidaknya penyambungan anda.

Gambar berikut adalah plat motor 3 phase sebagai referensi jika anda menemukan motor 3 phase seperti ini.
Disitu tertulis delta 230V dan star 400V. Jadi hanya spesifikasi seperti ini yang bisa dirubah ke 1 phase. Karena tegangan listrik PLN dirumah kita 220V (1 phase), maka kita hubung delta lebih dulu.
Sebelum melangkah merubah ke 1 phase. Berikut gambar contoh koneksi star pada motor 3 phase.

Berikut adalah gambar koneksi delta motor 3 phase.

Setelah memahami koneksi star delta diatas, maka gambar berikut adalah koneksi motor 3 phase jadi 1 phase. Dalam koneksi delta. Sudah saya koreksi.

Gambar diatas adalah penyambungan motor 3 phase jadi 1 phase dengan penambahan kapasitor. Untuk nilai kapasitor bisa anda berikan secara bertahap mulai 10uf/400V sampai 40uf/400V. Sampai ditemukan putaran motor berputar maksimal. 

Ada juga beberapa referensi yang lain bisa dicoba koneksi 3 phase ke 1 phase. berikut gambarnya.

Gambar diatas adalah gambar koneksi motor 3 phase jadi 1 phase high voltage 230V.

Gambar diatas adalah gambar koneksi motor 3 phase jadi 1 phase low voltage 115V.

Semua gambar diatas memang belum saya coba karena belum punya motor 3 phase. Semua informasi saya dapatkan dari youtube dengan tutorial yang jelas dan sudah dicoba. Untuk memantapkan anda bisa cari sendiri di youtube tentang merubah motor 3 phase jadi 1 phase. Semoga bermanfaat.


Daftar Pustaka
http://www.baharelectronic.com/2016/06/cara-merubah-motor-3-phase-menjadi-1.html

Komentar

  1. Mau tanya bos..pakai kapasitor starting atau running ya. ??

    BalasHapus
  2. Kalo mau merubah putaran dari kiri ke kanan ana ya

    BalasHapus
  3. Numpang nanyak bos...apa nama alat yang untuk merubah aris 3 phase atau 3 gate menjadi 1 gate atau 1phase,dengan ketentuan jika ada permasalahan pada satu phase di RST,tetapi arus yang di 1gate tetap berpungsi..

    BalasHapus
  4. klo yg dimaksud adalah keluaran RST (baik PLN maupun genset) menjadi 1 fasa, gunakan trafo lah gan... dengan trafo, beban RST, jadi seimbang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAMPAK EFEK NEGATIF BTS ATAU TOWER PEMANCAR SINYAL SELULER BAGI MANUSIA